Selasa, 07 November 2017

Makanan Buat Penderita Diabetes


Makanan Buat Penderita Diabetes
BULETINHARIAN.COM - Perubahan jaman yang pesat terkadang membawa dampak buruk bagi kehidupan, salah satunya adalah sektor makanan dan minuman. Di era modern ini, sebagaian besar anak muda menyenangi fast food dan makanan/minuman manis yang secara tidak disadari akan menjadi bibit penyakit yang merepotkan, salah satunya adalah diabetes. Konsumsi minuman soda, teh hingga jus buah dalam kemasan disinyalir menjadi penyebab utama dari penyakit kencing gula ini.

Bilamana sudah terjangkit penyakit satu ini, tidak ada cara lain secara menjaga pola makan dan mengurangi asupan gula, yang mana akan membuat variasi makanan menjadi berkurang. Namun jangan khawatir karena ada beberapa variasi makanan asik yang patut dicoba oleh kamu pengidap diabetes.

1. Nasi Merah

Makanan Buat Penderita Diabetes
Walaupun nasi merah tidak memiliki rasa yang lebih pulen dibandingkan nasi putih, namun dibalik itu terdapat khasiat baik, yaitu memiliki serat lebih tinggi dimana akan membuat glukosa lebih lambat masuk ke dalam darah.

2. Kiwi

Makanan Buat Penderita Diabetes
Buah sejatinya dibutuhkan oleh setiap orang untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh. Namun bagi pengidap diabetes, lebih disarankan buah yang rendah gula seperti kiwi, apel, ceri, bluberi dan lainnya.

3. Kue Gandum

Makanan Buat Penderita Diabetes
Kue yang terbuat dari gandum adalah kue terbaik bagi penderita diabetes, sebab makanan yang terbuat dari gandum akan lebih rendah gula. Selain itu, gandum mempunyai khasiat lain dimana saat mengkonsumsi gandum, akan lebih lama diproses tubuh sehingga mampu menahan lapar lebih lama.

4. Smoothie Sayur

Makanan Buat Penderita Diabetes
Sayur-sayuran seakan menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Jika kamu tidak menyukai makan sayur secara mentah, ada baiknya kalau mencoba smoothie sayuran yang terbuat dari brokoli, wortel, bayam, dan buah rendah gula. Dan yang terpenting adalah jangan menambahkan gula ke dalam smoothie ini.

5. Kacang-Kacangan

Makanan Buat Penderita Diabetes
Alternatif lain dari mengkonsumsi nasi adalah kacang-kacangan. Selain mengandung karbohidrat, kacang-kacangan mengandung protein yang baik untuk tubuh. Beberapa jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi penderita diabetes antara lain kacang kedelai, almond, kenari, biji bunga matahari, kuaci, dan lainnya.

5. Pasta Gandum

Makanan Buat Penderita Diabetes
Lagi-lagi kembali ke gandum. Semangkuk kecil Pasta gandum mengandung 45 gram karbohidrat yang dapat memberi tenaga untuk beraktivias sepanjang hari.

6. Ikan

Makanan Buat Penderita Diabetes
Penderita diabetes memang tidak disarankan mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan apalagi daging-dagingan. Adapun beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi seperti tempe, tahu, kacang, atau putih telur. Namun jika bosan, anda dapat mencoba ikan-ikanan sebab mengandung lemak sehat yang baik untuk tubuh.

Nah sobat BuletinHarian, apakah sudah mulai menjaga pola makan sejak sekarang? Jangan sampai hobi makan fast food akan menghancurkan hari tuamu ya.


EmoticonEmoticon