Minggu, 05 November 2017

Olahraga Bikin Panjang Umur

Olahraga Bikin Panjang Umur
BULETINHARIAN.COM - Olahraga seakan menjadi momok menakutkan bagi sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Seseorang harus mengeluarkan banyak tenaga dan berkeringat, sedangkan bersantai di rumah akan lebih menyenangkan. Berbicara soal olahraga, kita tidak akan bisa menyebutkan satu per satu manfaat yang akan kita dapatkan, karena manfaatnya memang tidak terbatas.

Mayoritas masyarakat menganggap bahwa olahraga hanya melulu soal membangun otot saja, padahal itu keliru besar. Seperti dilansir dari penelitian American Journal of Epidemiology, latihan beban atau sering kita sebut latihan kekuatan mempunyai efek yang sama pentingnya dengan latihan aerobik guna meningkatkan angka usia harapan hidup.

Para peneliti asal Universitas Sydney, menganalisa kaitan antara latihan kekuatan dengan tingkat presentase kematian yang disebabkan semua penyakit (kanker, sakit jantung, dsb). Penelitian ini melibatkan 38.000 orang dewasa yang kemudian akan disurvei. Para ahli dari Australia tersebut menarik kesimpulan bahwa melalui latihan beban/kekuatan akan menurunkan resiko kematian oleh semua penyebab sebesar 23 persen, sedangkan resiko kematian akibat kanker turun sebesar 31 persen.

"Setelah merampungkan hasil studi, kami berhasil menarik kesimpulan bahwa olahraga beban yang melibatkan otot akan sangat bermanfaat dan sama pentingnya dengan latihan aerobik seperti lari dan bersepeda," ujar Emmanuel Stamatakis, sang ketua peneliti.

Menurut panduan WHO terkait aktivitas fisik, seorang dewa berusia 18-64 tahun diwajibkan melakukan olahraga aerobik seperti lari, jogging, bersepeda atau berenang) kurang lebih sebanyak 150 menit dan dua hari latihan beban setiap minggunya.

Baik olahraga beban maupun aerobik mempunyai porsinya masing-masing, dimana latihan beban akan mampu meningkatkan metabolisme, membakar kalori, meningkatkan mobilitas otot serta menurunkan resiko cedera. Sedangkan latihan aerobik lebih ditujukan untuk stamina dan tenaga.

Beberapa latihan singkat yang dapat dipraktekkan di rumah antara lain push up, sit up, squat, lari di tempat, plank ataupun pull up.

Nah menarik banget kan manfaat dari olahraga, selain memperindah bentuk tubuh, akan mampu memperpanjang umur. Makanya jangan malas-malasan, ayo mulai berolahraga!



EmoticonEmoticon